1 2 3 3

11 Maret 2005

Tentang SMK-TI Airlangga Samarinda

SMK-TI (Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi) Airlangga Samarinda didirikan pada tahun 2001 dengan SK No. 4070/i26.2a/ppE/2001, NSS 32.2.16.60.03.102 dan NPSN 30404271. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Airlangga yang berkantor pusat di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ada 2 SMK-TI yang dikelola Yayasan Airlangga yang berlokasi di 2 kota yaitu Balikpapan dan Samarinda. Kedua sekolah ini adalah SMK-TI pertama di Kalimantan Timur.

MANAJEMEN SEKOLAH

Keberadaan sekolah ini tidak bisa dilepaskan dari inisiatif awal Ketua Yayasan Airlangga Drs. Satria Dharma yang menjadi inisiator utama. Kepala Sekolah SMK-TI Airlangga Samarinda yang pertama dipegang oleh Saut Parasian S.Kom M.Kom yang telah berhasil meletakkan dasar-dasar yang kuat bagi perkembangan sekolah selanjutnya. Kepala Sekolah kedua adalah Ir. M. Adriyanto, MSM yang mulai bertugas sejak Agustus 2003, dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yaitu Khairati S.Pd serta kemudian juga oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yaitu Abdul Malik S.Kom dan Kepala Laboratorium Isman Mustamin. Kemudian per 1 Mei 2009, Casyatun, S.Pd ditunjuk sebagai Pjs. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas. Lihat juga website Kepala Sekolah kami.

Pergantian manajemen terjadi lagi per November 2009 dimana Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum berpindah ke Misran S.Si dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas ke Firmansyah.

SISWA & ALUMNI

Lulusan pertama dilepas tahun 2004 berjumlah 55 orang. Tingkat kelulusan adalah 100%. Saat ini sebagian telah langsung bekerja di industri serta sebagian melanjutkan ke perguruan tinggi yang relevan dengan ilmu komputer baik di Kaltim maupun diluar daerah. Namun data lengkap tidak tersedia. Jumlah siswa meningkat 100% pada angkatan 2004/5 dari angkatan tahun 2003/4.

KURIKULUM

Dengan adanya Kurikulum baru 2004 yang berbasis kompetensi, maka sejak angkatan siswa baru 2004/5, proses belajar mengajar serta materi pelajaran menjadi berbeda dengan angkatan sebelumnya. Pada angkatan baru yang berjumlah 72 siswa ini, SMK-TI Airlangga berkonsentrasi pada bidang Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Lihat kurikulum yang kami gunakan di sekolah kami.

FASILITAS

Pada saat didirikan, SMK-TI Airlangga Samarinda memiliki 20 unit komputer Pentium 1 dan 2 disamping 5 unit untuk praktek bongkar pasang. Pada tahun 2003, terdapat tambahan 3 unit komputer Pentium 3. Akhirnya pada tahun 2004, ditambah lagi 1 laboratorium Multimedia dan Internet dengan 10 unit Pentium 4 yang terkoneksi 24 jam melalui AstiNet Telkom 128 Kbps. Seluruh fasilitas didanai sendiri, baru pada tahun 2005/2006 untuk pertama kalinya pemerintah membantu melalui dana School Grant berjumlah Rp 35 juta yang sebagian besar diperuntukkan bagi training guru.

Saat ini, seluruh area sekolah terkoneksi jaringan Internet Hotspot menggunakan 2 line Telkom Speedy masing-masing berkecepatan 1 Mbps. Fasilitas ini tersedia gratis 24 jam bagi seluruh staf pengajar dan siswa. Dibuka juga program-program kursus singkat sesuai kebutuhan masyarakat umum, pengajar berasal dari para Instruktur dan Alumni serta Siswa berprestasi.

Diawal tahun 2007, perkembangan teknologi semakin pesat. Lab komputer SMK TI Airlangga mengganti koneksi ke Internet menggunakan Telkom Speedy dengan kecepatan akses 384 Kbps. Juga mulai diperkenalkan teknologi WiFi dan seluruh area sekolah menjadi satu hotspot. Setiap hari Sabtu malam, fasilitas ini dipakai untuk publik dalam acara rutin SCCN (Samarinda Cyber Community Night) yang merupakan forum sharing bagi komunitas TI di Samarinda.

PRAKTEK KERJA

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dilakukan pada semester 4 selama 4 bulan (1 semester penuh) di perusahaan-perusahaan komputer sekitar Samarinda. Telah ada kesepakatan yang masih bersifat informal antara sekolah dengan APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) Samarinda dalam penyaluran siswa untuk melakukan PRAKERIN. Penempatan siswa untuk PRAKERIN dilakukan secara ketat agar siswa hanya ditempatkan pada lokasi yang benar-benar relevan dengan teknologi informasi.

Sejak tahun 2006, tempat PRAKERIN diperluas tidak hanya didalam wilayah Kalimantan Timur, namun juga di perusahaan-perusahaan skala internasional di Jakarta dan Bandung. Bagi siswa-siswa yang mampu dari segi kompetensi dan finansial, mereka dapat memilih untuk melaksanakan PKL di lokasi yang lebih jauh. Kami hanya memilih perusahaan yang benar-benar berkualitas untuk siswa kami. Kedepan diharapkan PRAKERIN juga akan dilakukan di perusahaan di luar negeri.

PENGAJAR

Pengajar berasal dari generasi muda yang dinamis dan bersemangat tinggi. Untuk pengajar mata pelajaran produktif, keseluruhan berasal dari para praktisi Teknologi Informasi dengan latar belakang pendidikan yang sesuai serta mempunyai pengalaman banyak dalam mengajar. Hal yang patut dibanggakan dari jajaran pengajar adalah komitmen dan idealisme yang sangat tinggi walaupun dengan fasilitas yang terbatas.

Salah satu pengajar kami yaitu Abdul Malik, S.Kom mendapatkan penghargaan Guru Berjasa & Berprestasi Nasional dari Gubernur Kalimantan Timur atas prestasinya mengantarkan siswa meraih prestasi tingkat nasional.

EKSTRA KURIKULER

Disamping fokus ke pelajaran, sekolah kami juga mendorong sepenuhnya bakat dan minat para siswa di bidang lain. Kegiatan ekskul diarahkan untuk memberikan pengalaman kepada siswa untuk mencoba hal-hal baru dan berinteraksi dengan masyarakat baik melalui lomba-lomba maupun kegiatan sosial lainnya.

Ekskul yang berjalan antara lain klub sepakbola dan futsal yang memiliki pelatih dan lapangan latihan khusus diluar sekolah. Tim berlatih secara sistematis secara berkala dan mengikuti pertandingan-pertandingan di lingkup kota Samarinda. Prestasi tertinggi adalah Juara 4 Kompetisi Futsal antar SMA se-Samarinda 2006.

Kegiatan yang membanggakan lainnya adalah modern dance yang menyandang nama Airlangga Cyber Dance. Digerakkan oleh beberapa siswa yang berkemampuan tinggi di bidang ini, antara lain Rusyadi "Emon" Syakir (Angkatan 2004), Airlangga Cyber Dance telah mencatatkan prestasi gemilang dan sangat dikenal di kalangan seni Samarinda. Kegiatan keagamaan juga berlangsung secara reguler. Tim Rohis untuk agama Islam secara berkala menyelenggarakan kegiatan-kegiatan terutama pada saat hari-hari besar Islam. Tim siswa Kristen/Katolik juga sangat aktif terlibat dalam kegiatan keagamaan antar SMK se-Samarinda. Kegiatan keagamaan dibimbing langsung oleh guru-guru agama dari sekolah.

Ekskul lain yang juga bejalan seperti baris-berbaris, basket 3 on 3, majalah dinding, pentas seni dan banyak lainnya. Kegiatan ekskul sangat didukung oleh sekolah dengan disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.

Prestasi SMK TI Airlangga di LKS Nasional

2004 Juara 4 bidang lomba Teknologi Informasi (M. Syaifullah dan Abdul Basir)
2005 Juara 2 bidang lomba Web Design (Dedi Purwanto)
2006 Juara 3 bidang lomba Web Design (Dedi Purwanto)
2008 Juara 5 bidang lomba IT/Software Application (Noor Rahmat)
2009 Juara 4 bidang lomba Web Design (M. Riski Hajar)

Lihat detail daftar prestasi sekolah disini.

KEGIATAN LAIN

Sebagai yang pertama di Kalimanan Timur, SMK-TI Airlangga Samarinda terlibat aktif dalam mendirikan Forum SMK-TI Kalimantan Timur pada tahun 2003. Forum ini telah berhasil menjalankan beberapa kegiatan dalam mendukung pengembangan teknologi informasi di Kalimantan Timur. Disamping itu sekolah kami juga terlibat dalam banyak kegiatan TI seputar Kaltim yang disponsori para vendor TI ternama seperti Microsoft, ECS, Intel, dll. Kerjasama selalu bersifat saling menguntungkan dan bertujuan mendekatkan SMK-TI Airlangga dengan dunia industri.

Kedekatan sekolah kami dengan perguruan tinggi bidang teknologi informasi juga selalu dibina. Kebetulan salah satu pionir sekolah tinggi komputer di Kaltim yaitu STIKOM Balikpapan www.stikom-bpp.ac.id juga berada dibawah satu payung yaitu Yayasan Airlangga. Kerjasama kami juga sangat erat dengan perguruan tinggi lain seperti Jurusan Ilmu Komputer MIPA Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Samarinda, STMIK Widya Cipta Dharma, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKI) SPB, STMIK Samarinda, dll.

Melalui website sekolah ini, kami juga menyediakan wadah bagi para siswa untuk menyalurkan bakat menulisnya. Tulisan-tulisan yang ada di web sekolah kami sebagian besar ditulis sendiri oleh para siswa yang dibekali pengetahuan menulis online secara khusus.

Kami yakin bahwa pagar sekolah tidak boleh membatasi ruang gerak kami sebagai sekolah menengah kejuruan. Sekolah harus mampu masuk ke arus perkembangan teknologi dan kebutuhan nyata masayarakat.

Updated: 1 Mei 2009